Layar televisi di tanggal 15 Februari dipenuhi dengan berita dan liputan mengenai kanker anak. Ya, hari itu memang diperingati sebagai Hari Anak Kanker Sedunia.

Mari kita lihat beberapa data statistik tentang kanker pada anak di Indonesia.

  1.  Setiap tahun, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sekitar 4.100 kasus kanker baru dengan penderita anak-anak Indonesia
  2. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (Riskesdas) menunjukkan jenis kanker yang paling banyak diderita anak di Indonesia yaitu Leukemia dan kanker bola mata (Retinoblastoma).
  3. Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) menemukan bahwa sebagian besar anak penderita kanker berasal dari keluarga tidak mampu.
  4. Masih dari YOAI, ada beberapa penyebab tingginya kasus kanker anak di Indonesia, diantaranya kurangnya informasi yang didapatkan orang tua mengenai gejala dan pentingnya pengenalan dini kanker, serta kurangnya penanganan segera terhadap anak yang terkena kanker itu sendiri.

Melihat tingginya angka pertambahan penderita kanker anak di atas, kepedulian pemerintah dan masyarakat juga semakin tumbuh. Selain YOAI, ada pula Yayasan Pita Kuning Indonesia, Yayasan Anyo Indonesia, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, dan Rumah Cinta Anak Kanker. Yayasan-yayasan ini memiliki cara-cara tersediri untuk menunjukkan kepedulian, mulai dari penggalangan dana, sosialisasi tentang kanker anak, hingga menyediakan rumah singgah bagi anak-anak dan orang tuanya.

Children Cafe berkesempatan mengenal dan mewawancarai Abah dan Ambu Lutung. Beliau berdua adalah sepasang suami istri yang mendirikan Rumah Cinta, sebuah rumah singgah tanpa biaya untuk anak-anak kanker dari keluarga tidak mampu yang terletak di kawasan RS. Hasan Sadikin, Bandung.  Dalam talkshow dengan Children Cafe, Abah dan Ambu bercerita mengenai kecintaan mereka pada anak-anak yang mereka sebut dengan para pejuang kanker. Meski terkena kanker, anak-anak ini tidak kehilangan cinta, mimpi, dan harapan.

Semoga menginspirasi.

 

Referensi:

http://www.kpai.go.id/berita/waspadai-kanker-pada-anak/

http://www.depkes.go.id/article/view/16021600001/kendalikan-kanker-pada-anak.html

http://www.yoaifoundation.org/childhood-cancer-4-fact-and-figures-lang-id.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

39 − 37 =