Halo Sahabat CC, are you a morning person?

Bangun pagi hari, termasuk sewaktu liburan dan akhir pekan, adalah kunci sukses bagi banyak orang-orang hebat!

Di buku berjudul “What the Most Successful People Do Before Breakfast” yang ditulis oleh Laura Vanderkam banyak ditemukan contoh bahwa pemimpin perusahaan atau Chief Executive Officer (CEO) seperti Steve Reinemund (Mantan CEO Pepsi Cola) dan Spencer Stuart (CEO Practice) bangun pukul 5 pagi dan segera beribadah, kemudian membaca buku ataupun kitab suci, kemudian bersiap untuk berolahraga pukul 6 pagi.

Ada pula Gretchen Rubin yang terkenal dengan buku bestseller nya “The Happiness Project” yang menyarankan untuk membiasakan memprioritaskan pekerjaan yang rumit dan memerlukan konsentrasi tinggi untuk diselesaikan di pagi hari, seperti menulis surat elektronik yang penting dan juga melakukan pekerjaannya yaitu mengarang buku.

Selain mereka, Roy F. Baumeister dan John Tierney juga sepakat bahwa ketika kita bangun di pagi hari, tekad dan kemauan kita sedang dalam keadaan terkuat, sehingga sangat memungkinkan untuk memulai sesuatu kebiasaan baik yang baru yang secara perlahan namun jika dilakukan dengan rutin, akan memberikan perubahan positif.

Di dunia kesehatanpun, bangun pagi memiliki segudang kebaikan, diantaranya:

  • Bangun dini hari dipercaya secara klinis dapat menyehatkan pernafasan dikarenakan kandungan oksigen yang tertinggi dimulai di periode sepertiga malam terakhir sampai terbitnya matahari
  • Melancarkan proses pencernaan karena dini hari adalah waktu dengan metabolisme terbaik untuk membuang racun dari tubuh.
  • Ada juga contoh seorang pasien kanker bisa sembuh dengan izin Alloh ketika dia membiasakan diri bangun sebelum pukul 4 pagi untuk beribadah malam dan dilanjutkan dengan berjalan di pagi hari menghirup udara segar dari pepohonan.

Ada banyak contoh aktivitas pagi yang bisa kita tiru dari orang orang hebat yang sanggup merubah hidup mereka ataupun keluarga mereka. Contohnya membaca cerita bernuansa religi ataupun kisah hidup nabi dan orang orang hebat zaman dahulu, bermeditasi, mencoba resep baru masakan, bahkan juga menyisihkan waktu dengan keluarga seperti sarapan bersama.

Nah, berbicara mengenai keluarga, tentu kita ingin seluruh anggota keluarga kita merasakan manfaat bangun pagi ya, termasuk anak maupun remaja kita. Ternyata tak sulit lho untuk membiasakannya pada mereka, mari kita simak beberapa tipsnya:

1Contoh atau keteladanan adalah kunci utama. Sebelum mengajak anak kita memulai kebiasaan baik ini, pastikan kita juga terbiasa bangun pagi.

2Biasakan mengurangi nonton film ataupun bermain game di malam hari. Sebaiknya kalau sudah pukul 8 malam anak sudah diajak untuk bersiap tidur.

3Batasi asupan makanan anak di malam hari, jangan terlalu banyak. Akibatnya, saat perut kekenyangan tubuh malah akan bekerja keras untuk mencerna makanan. Padahal tidur malam berfungsi untuk istirahat dan mengembalikan energi.

4Nah tips berikutnya, pakai alarm. Supaya anak tidak tidur lagi, coba pilih bunyi alarm yang mereka sukai, bisa pula jadikan lagu kesukaan mereka sebagai bunyi alarm.

5Dan tips terakhir, supaya anak dan remaja kita merasa bersemangat bangun pagi, lakukan hobi atau kegiatan yang paling mereka sukai di pagi hari, seperti bermain game, ataupun membaca komik, merakit lego, bermain di luar rumah, bahkan berolahraga bersama teman teman. Contoh saja, kalau saya memilih bermain basket di lapangan mulai pukul 6 pagi, supaya selalu semangat.

Tidak susah kan? Satu hal lagi yang bisa saya share disini adalah mengenai kondisi otak pada waktu dini hari yang mempunyai konsentrasi tertinggi. Untuk anak dan remaja kita, daripada belajar di malam hari sampai larut, coba deh ajak mereka merasakan bedanya dengan belajar dan mengerjakan PR di dini hari. Akan lebih banyak ilmu yang terserap dan pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan tepat.

Insya Alloh kalau sudah terbiasa bangun pagi, anak, remaja, dan juga kita sendiri akan merasakan manfaatnya yaitu tubuh terasa lebih segar, sehat dan otak lebih cemerlang!

Referensi:
– Baumeister, Roy F. & John Tierney (2012). Willpower: Rediscovering the Greatest Human Strength”
– Vanderkam, Laura (2013). What the Most Successful People Do Before Breakfast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here